Ananda di Dua Dunia
oleh Admin Senin, 14 September 2015 Berdamai Dengan Anak
Ananda di Dua Dunia

Ranah pendidikan tak hanya di dunia nyata, orang tua dirumah dan sekolah dihadapkan dengan tantangan dari dinamika yang ada di keseharian anak-anak kita: dunia maya. Pertanyaan buat ayah-bunda, sudahkah anak-anak Anda terpelihara di keduanya.

Boleh jadi ayah-bunda mampu menjaga pergaulan ananda di dunia nyata, pada saat yang sama adakah di dunia maya terpelihara juga?  Jangan sampai dunia maya jadi pelarian dari kenyataan yang tak ramah bagi mereka.  

Perlu diingat bahwa boleh jadi ayah-bunda mampu mengawasi pergaulan ananda di dunia nyata, namun orang tua juga harus sanggup mengamankan pertemanannya di dunia maya.  Nyamannya ananda di dunia nyata, mengamankan mereka di dunia maya. Mengenali dan mengakrabi kedua dunia yang ada di sekitar anak menjadi kunci untuk mengatasi permasalahan anak. Bisa kan?  

Berbuat semena-mena di dunia nyata, dorong anak 'ungkapkan isi hatinya' di dunia maya.  Tantangannya adalah adakah orang tua mengenal siapa yang mendengarkan mereka di ranah elektronik sana. Tahukah orang tua betapa banyak mata memandangi penampilan anak-anak di dunia maya.

Dalam banyak kesempatan baik dalam seminar maupun kesempatan kelas #Parenting on air, pertanyaan yang paling sering diajukan adalah: “Apa yang harus dilakukan orang tua ketika berhadapan dengan kemajuan yang tersedia saat ini?”  

Beberapa orang tua melarang anaknya bersentuhan dengan tekhnologi bahkan untuk sekedar menonton tv. Beberapa yang lain membiarkan, karena merasa suatu hari mereka akan berhenti sendiri. Ada juga yang menfasilitasi, walau kadang ada permasalahan lain yang menghadang.

Perlu diingat, bahwasanya parenting skill adalah sebuah ketrampilan layaknya sebuah seni. Bisa jadi di dalamnya ada theory yang rigid, namun keputusan yang kita ambil membutuhkan pertimbangan dan kebijaksanaan. Cara terbaik yang bisa orang tua lakukan adalah perbaiki komunikasi dan ikatan hati dengan anak. Memenangkan hati mereka lebih penting ketimbang merampas apa yang mereka suka.

Dunia maya bisa jadi pembuka jendela ilmu tak berhingga, namun ia juga menjadi pintu masuk kehancuran tiada terduga.  Dunia maya bisa jadi jalan kenaikan kelas, bisa juga penyebab anak makin malas.  Jadilah bintang di hati anak, maka dunia maya takkan jadi penghalang kemajuan anak.

Selamat Berlatih...
Yuk Keep Learning!

Salam #Inspirasi
Coach Hasbi

______________________________________________________________________
Undang Coach Hasbi jadi Pembicara & Pelatih?
Hubungi: 081374614730 or email ke hasbiparenting@gmail.com

Artikel menarik lainnya, silahkan baca:

http://hasbiparenting.com/kesabaran-dalam-pengasuhan-detail-5648.html

Ikuti channel youtube kami di:
www.YouTube.com/HasbiParenting