Asupan Untuk Anak
oleh Admin Senin, 05 September 2016 Seputar Memberi Makan Anak
Asupan Untuk Anak

Akhir pekan saat yang tepat untuk mengevaluasi apa saja yang terjadi dalam rumah tangga, baik yang disadari ataupun yang seolah terjadi dengan sendirinya. Evaluasi yang dilakukan secara terencana menjadikan rumah tangga lebih ceria, sehat dan bahagia.

Salah satu hal yang penting untuk dibahas dalam mengevaluasi kesehatan anggota keluarga adalah asupan yang kita berikan pada anak-anak. Ketika berbicara tentang asupan sehat buat anak, kita cenderung membahas tentang nutrisi, gizi, variasi menu, dan berbagai hal yang berkenaan dengan makanan. Karena itu seminar dan pelatihan tentang nutrisi dan gizi untuk anak digandrungi ayah-bunda, bahkan tidak sedikit produk makanan instant diciptakan untuk menenangkan kegundahan hati orang tua tentang kelengkapan gizi ananda.

Kenyataan bahwa asupan yang masuk lewat mulut tersebut akan hanyut dan hanya beberapa saja yang menyangkut tak seharusnya abaikan asupan lain. Asupan lain yg sama penting kalau tidak lebih urgen yaitu asupan kasih dan sayang lewat perhatian yang ayah-bunda berikan. Kasih sayang lewat perhatian yang kita berikan tak tampak secara fisik, namun pengaruhnya lebih kuat dari sekedar asupan makanan lewat food combining yang dianggap begitu penting.

Sadarkah ayah bunda bahwa asupan kasih sayang mempengaruhi terserapnya asupan makanan yang kita hidangkan. Betapa banyak rumah tangga dengan kemampuan menyediakan menu beraneka ragam mendapati anak-anak mereka sulit bahkan tak sedia menikmati menu yang disiapkan.

Dalam kasus lain, ada keluarga yang bisa menyajikan makanan dengan kadar gizi lengkap, namun tak cukup lengkap untuk membuat anaknya bersemangat, coba perhatikan lagi jangan-jangan asupan kasih sayangnya tidak terlewatkan. Kelalaian ayah-bunda memberikan asupan kasih sayang, berakibat kerepotan yang tak berkesudahan.

Asupan kasih sayang yang diberikan tersimpan tak hanya dalam waktu sepekan ataupun sebulan, ia kan terus bertahan sepanjang hayat dikandung badan, dirindukan saat berjauhan, diimpikan saat ada perpisahan. Ada rasa yang terus dibawa dimanapun kita berada, ada aroma yang terus menjaga rasa bahagia walau mungkin tak lagi bersama.

Karena itu, seimbangkan asupan yang kita berikan, tidak hanya makanan fisik, perhatikan juga asupan jiwanya lewat perhatian, kasih sayang, dan pengertian. Bagaimana caranya? Salah satu cara menunjukkan perhatian kita pada anak adalah lewat bahasa cinta yg kita gunakan. Perhatikan bahasa cinta yang pas buat masing-masing anak. Ada yg lewat sentuhan, ada lewat kata-kata pujian, ada yang melalui pemberian, ada juga dengan kebersamaan. Kenali, lalu persiapkan diri agar kita bisa memberi asupan yang benar lewat cara yang tepat.

Salam #Inspirasi
dari

Coach Hasbi


Untuk Artikel Selanjutnya, Silahkan Baca : http://hasbiparenting.com/anak-tak-nak-makan-detail-6700


Ikuti channel youtube kami di:
www.YouTube.com/HasbiParenting 


Quote dari kicauan @HasbiParenting di twitterland:

Efek negatif dr salah asupan u/ ruhani jika tak brdampak langsung dlm jangka waktu lama bisa timbulkn bencana di tgh keluarga. #AsupanAnak

Efek negatif dr menu u/ jasmani yg salah bisa terasa diperut sampai seminggu atau lebih tp bisa dinetralisir lbh mudah. #AsupanAnak

Kita tidak tahu moment yg mana yg kan jadi kenangan, tp kita bisa usahakan setiap saat bersamanya adalah saat terindah u/ slalu diingat.


______________________________________________
Undang Jadi Pembicara & Pelatih?
Hubungi 0813 7461 4730