Dua Kunci Utama Pendidikan Anak dalam Islam
oleh Admin Jum'at, 29 Juli 2016 Islamic Parenting
Dua Kunci Utama Pendidikan Anak dalam Islam

BismiLlah
Asholatuwasalamu'alaRosuliLlah

Assalamu'alaikum Ayah/Bunda...

Dari sekian banyak ayat dalam Al-Qur'an, ada satu ayat yang menjadi pengingat buat orang tua dalam mendidik dan membesarkan amanah yang Allah titipkan berupa anak. Dalam surat An-Nisa (4) ayat 9, Allah SWT menegaskan bahwa anak adalah generasi penerus di masa depan dan sebagai orang tua hendaklah memperhatikan mereka sehingga mereka menjadi generasi yang kuat lagi sejahtera.

Mari kita simak firman Allah dalam surat An-Nisa tersebut:

(وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا)


Terjemahannya:

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. [Qur'an Surat An-Nisa 9]

Ketika orang tua tak lagi perhatikan apa yang terjadi dengan generasi masa kini, jangan heran tak sedikit anak² muda miliki banyak kelemahan. Dalam ayat di atas Allah ingatkan kita agar takut dan cemaslah kita dengan kondisi ini.
Ketika sudah nampak di banyak tempat kerusakan terjadi pada orang dewasa dan mulai menulari generasi muda, sepatutnyalah orang tua dan pemerhati anak tak boleh berdiam diri saja.

Apa yg harus kita lakukan..?
Pertama, perbaiki keimanan kita sehingga kita benar-benar menjadi orangtua yang bertakwa. Itulah kunci pertama yang Allah tunjukkan sebagaimana dinyatakan di ujung ayat tersebut di atas. Cukupkah hanya sampai disini?

Tak sedikit terjadi dimana orang tua yang shaleh tak mampu mendidik anaknya. Sebagai seorang family Coach saya sering menemui kasus dimana orang tua yang baik tapi anak-anaknya bermasalah. Dengan mudah kita bisa menemukan betapa banyak orangtua yang baik ibadah dan pemahaman agamanya namun anaknya tak dekat dengan Tuhannya. 

Bagaimana bisa? Karena ia berhenti pada satu kunci saja padahal paket perbaikan generasi tak berhenti di bertakwanya orang tua pada Allah saja, ada satu langkah yang harus dilakukan secara bersamaan yaitu mendidik anak dengan ucapan dan perkataan yang benar.

Allah tak hanya menuntut agar orang tua menjadi taqwa, tapi harus ada upaya mendidik generasi penerus dengan menjalankan kunci kedua yaitu berkata-kata yang benar (khoulan syadida). Perkataan yang benar harus seiring sejalan dengan upaya orang tua memperbaiki dirinya. 

Yes..!
Berkata-katalah secara benar.
Benar yang diucapkan.
Benar pilihan kata yang disampaikan,
Benar maksud dan tujuan,
Benar cara menyampaikan.
Benar pula bahwa kata dan laku ada kesamaan.

Dear Ayah/Bunda...
Inilah yang harus juga kita lakukan di samping memperbaiki keimanan: perbaiki bahasa dan cara berbahasa pada anak.

Selamat belajar dan memperbaiki bahasa!

Mari sama-sama kita laksanakan.

Wallahu a'lam.

Salam ‪#‎Inspirasi‬
dari
Coach Hasbi
 

_____________________________________________________
Jadikan pertemuan kantor, arisan, family gathering lebih berkesan? 
Undang Coach Hasbi jadi pembicara hubungi 0813 7461 4730
Email: hasbiparenting@gmail.com