Guru Hebat Lahirkan Siswa Hebat
oleh Admin Senin, 08 Agustus 2022 Sekolah Anak Tantangan dan Cara Menghadapinya
Guru Hebat Lahirkan Siswa Hebat

Dear Ayah dan Bunda...

Sesekali di saat mengantar anak ke sekolah coba perhatikan bagaimana gerak langkah, mimik muka, dan gesture serta cara berbahasa guru yang akan mengajarkan anak-anak kita.

Seperti pagi itu, saat mengantar anak ke sekolahnya tanpa terasa kami merasakan aura kebahagiaan yang dibawa lewat keceriaan sang guru yang akan mengajar. Dalam gerak kakinya yang ringan melangkah dia tersenyum ramah menyapa - nyaman melihatnya dan sejuk di dalam dada.

Di sepanjang jalan sempat terlintas fikiran, "Bukankah itu sudah standar setiap sekolah apalagi sekolah non pemerintah untuk menerapkan 3S?"
Sangat boleh jadi...
Tapi standar sapaan boleh di-SOP-kan tapi ketulusan tidak bisa dipaksakan. Senyum, sapa, salam yang ramah dan tulus hanya lahir dari mereka yang dipenuhi kesyukuran dan kebahagiaan.

Dengan beragam tantangan zaman juga tuntutan administratif, tak sedikit mereka yang memilih berprofesi sebagai pendidik mengabaikan 3S dengan ketulusan dari dalam diri. Sedemikian sehingga tak heran bila masih ada kita temukan kondisi siswa yang setelah melewati proses panjang di sekolah belum menampakkan perubahan ke arah yang lebih baik bahkan tak sedikit malah justru ketidak baikkan merekalah yang  semakin bertambah.  

Dalam program OBSESI (Obrolan Seputar Inspirasi) yang dipersembahkan oleh Yayasan Hasbi Smart Parenting dan Radio Arbes 101 FM, seorang nara sumber yang sudah banyak mendapatkan penghargaan sebagai guru dan kepala sekolah teladan menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus dimiliki seorang pendidik yang hebat.
Pertama, mereka harus memiliki cara pandang orang tua ketika berjumpa dengan siswa. Orang tua yang menyayangi, mengayomi, dan menerima anak apa adanya.
Kedua, seorang guru mestilah mampu menjadi teman buat peserta didiknya. Teman yang mau mendengarkan, teman yang bisa dipercaya, teman yang memiliki perhatian dan kesediaan untuk berbagi.
Setelah dua hal itu, barulah seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengajar.

img-1659925349.jpgimg-1659925365.jpg

Jadi kemampuan mengajar adalah hal penting dimiliki seorang pendidik untuk menjadi guru hebat tapi sebelum itu seorang pendidik perlu mempunyai pola pandang sebagai orangtua dan sekaligus menyediakan diri untuk menjadi teman bagi peserta didiknya.
Semoga guru-guru kita bersedia mengasah kemampuannya untuk memiliki ketiga kemampuan tadi.

Salam Inspirasi

Coach Hasbi