Konsep Diri
oleh Admin Rabu, 14 September 2016 Tips Mendidik Anak
Konsep Diri

Di akhir pekan yang lalu, sambil menikmati sarapan bersama keluarga, kuperhatikan pohon pisang yang mulai berbuah tak jauh dari ruang makan kami. Tumbuh dan besar dari rumpun yang sama, di tanah yang persis sama, pada ruang yang sama pula, tapi tetap saja ada beda dalam hal bentuk buahnya, tak sama ukuran dan kecepatan tumbuhnya.

Tak beberapa meter dari pohon pisang, kami menanam pohon mangga dalam drum yang juga tengah berbuah. Pertengahan tahun kemarin di dalam media tersebut tumbuhlah pohon jambu biji yang tidak kami tanam. Awalnya sempat ingin dicabut, tapi kemudian setelah lumayan tinggi sayang juga, akhirnya dibiarkan. Ternyata sekarang pohon jambu biji ini menjadi tujuan favorit burung-burung liar yang singgah untuk menyantap buahnya yang ranum di ujung-ujung dahan yang sulit kami jangkau.
Dua tumbuhan yang berbeda di lahan yang sama, dan tetap bisa memberikan manfaat tanpa saling mengganggu bahkan saling menguatkan.

Demikianlah tumbuh-tumbuhan, dalam kesamaan mereka memiliki perbedaan dan dalam perbedaan mereka dapat saling mengandalkan.

Bagaimana dengan anak-anak kita?
Bagaimana orangtua memperlakukan perbedaan pada mereka?
Bagaimana pula orang tua memanfaatkan keunikan masing-masing anak?

Sayang seribu sayang tak sedikit orang tua yang memperlakukan anaknya secara seragam. Di samping kurangnya pengetahuan, mereka pun beralasan tak ingin direpotkan. Lalu tak jarang mereka membanding-bandingkan lalu memaksakan agar anaknya tak berbeda dari si kakak atau si abang.

Dear Ayah dan Bunda...
Walaupun mereka anak-anak, ketahuilah bahwa mereka juga memiliki kemauan sendiri-sendiri, cara berfikir dan merespon yang khas masing-masing. Tentulah ada perbedaan, pastilah ada ketidaksamaan pada tiap-tiap anak.

Karenanya sebagai orangtua perlulah kita mengenali keunikan masing-masing anak; lalu didik dan asuhlah mereka sebagaimana kekhasan individual mereka agar mereka memiliki konsep diri yang kokoh.

Mendidik anak sesuai dengan karakter mereka bisa jadi membutuhkan usaha yang ekstra, tapi yakinlah ketika kita sudah menemukan polanya maka semua akan jauuuuh lebih mudah. Bahkan yang lebih penting dari itu, anak-anak menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Selamat Berkarya untuk Kesejahteraan Keluarga.

Artikel Terkait: "Reborn" >> http://hasbiparenting.com/reborn-detail-8833.html

Salam 
#Inspirasi 
Coach Hasbi

_________________________________________________________________
Ingin mengundang Coach Hasbi sebagai Pembicara & Pelatih?
Hubungi 081374614730 atau email ke hasbiparenting@gmail.com