Memahami Warna-warni Dunia Anak
oleh Admin Selasa, 10 Maret 2020 Modul Kelas Parenting
Memahami Warna-warni Dunia Anak


Dunia anak adalah dunia yang penuh warna-warni sekaligus juga merupakan dunia yang penuh tantangan. Sebagai orang tua kita harus mengetahui apa yang terjadi pada anak kita, mulai dari apa yang terjadi pada diri anak sendiri, lingkungan dan tempat pendidikan mereka. Kepedulian kita bersama adalah bentuk perhatian dan kasih sayang pada generasi harapan bangsa.


Pertama marilah kita melihat seperti apa anak berhadapan dengan dirinya sendiri. Seiring waktu, terdapat banyak hal yang akan berubah dan terbentuk pada diri mereka misalnya perubahan fisik dan pertumbuhan socioemotional. Tak jarang mereka tidak menyadari perubahan alami ini dan sering kali orang tua pun gagal memahami sehingga anak terkendala dalam manajemen diri. Tugas orangtualah untuk memahami perubahan tersebut sekaligus memahamkan kepada mereka tentang beragam perubahan yang akan mereka alami.


Warna-warni dunia anak yang kedua adalah pengalaman anak dan rumah tempat tinggalnya. Rumah sebagai tempat tumbuh kembang jangan sampai membonsai apa yang sepatutnya membesar. Kekerasan dalam rumah tangga pasti ada bekasnya, aturan sebelum kesepakatan tentu membuat anak tertekan, orang tua mengejar karir sering membanding-bandingkan perubahan anak secara instan. Pengalaman di rumah ini akan mewarnai sepanjang proses tumbuh kembang mereka bahkan sampai mereka dewasa hingga membentuk keluarga sendiri.


Selanjutnya warna-warni dunia anak dengan lingkungan sekitarnya . Lingkungan sekitar rumah yang tidak lagi ramah dapat menimbulkan masalah, lingkungan yang terkontraminasi membuat anak tak imune lagi, gaya hidup hedonisme dan ketidakpedulian membuat kerusakan terabaikan, technology tanpa antisipasi membuat masyarakat semakin permisive. Perhatian dan kepedulian orang tua sangat dibutuhkan dalam proses interaksi mereka dengan lingkungan sekitar.


Terakhir, warna-warnig dunia anak anak dalam proses pendidikan. Berhadapan dengan teman yang mencari exsistensi sementara diri-sendiri ingin pula dihargai, bullying menjadi-jadi, tuntutan akademis membikin menangis, prestasi yang penuh kompetisi terkadang disalah arti, penjurusan penuh beban, mengaburkan rasa percaya diri. Sangat boleh jadi pergaulan di sekolah memberi warna dominan dalam perjalanan hidup Ananda sehingga penting bagi orangtua untuk memperhatikan apa yang terjadi di sekolah mereka.


Itulah beberapa warna-warni yang ada di dunia anak, kita sebagai orang tua perlu menyadari dan lebih peduli sebelum sibuk mengontrol apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sang buah hati.


Melihat gambaran ini tentu kita semua makin termotivasi untuk memperbaiki diri dan terus belajar lagi tentang pendidikan dan pengasuhan anak secara bersama. Hasbi parenting institute siap memfasilitasi.

Salam inspirasi..!

Bideo terkait bisa disimak di: