Parenting di Masa Pandemi Covid-19
oleh Admin Rabu, 08 Juli 2020 Tips Mendidik Anak
Parenting di Masa Pandemi Covid-19

Pengasuhan untuk Membangun Ketangguhan Melewati COVID-19

Saat stres melanda dan ketidakpastian menerpa dengan hadirnya COVID 19 di tengah keluarga, maka inilah kesempatan untuk melatih anak-anak menjadi pribadi yang tangguh.

Tulisan yang diambil dari web psychologytoday.com ini menghadirkan sembilan tips atau strategi yang bisa dipraktikkan oleh orangtua.

Jaga Rutinitas dan Lindungi Hal-hal Mendasar

Tips pertama bagi orangtua adalah menjaga rutinitas harian dan melindungi anak terhadap hal-hal dasar. Orangtua dapat mengajarkan anak-anaknya untuk menghadapi ketidakpastian dengan apa yang disebut oleh peneliti dengan istilah “ordinary magic” atau keajabian sehari-hari. Ordinary magic ini adalah kemampuan menerka dan runtutan kejadian sehari-hari di rumah. Mengajarkan anak untuk menjaga jadwal dan rutinitas secara konsisten mulai dari jadwal tidur, waktu makan, waktu-waktu bergerak beraktifitas, saat bekerja, dan waktu bermain.

Menjaga rutinitas sehari-hari serta terus memperhatikan kesehatan fisik dan emosional adalah hal-hal mendasar yang harus terus diperhatikan. Berbagi informasi kepada anak-annak tentang tujuan memiliki kerangka kerja yang terstruktur dan pada saat yang sama tetap kreatif dan fleksibel untuk beberapa hal akan sangat membantu anak mengatasi dan beradaptasi dengan ketidakpastian sehingga mereka menjadi pribadi yang tangguh.

Bersiap untuk Beragam Reaksi yang Mungkin Muncul

Orangtua harus menyadari bahwa di masa seperti sekarang ini, pada tingkatan tertentu akan muncul kembali perilaku di masa lalu dan atau luapan perasaan yang berlebihan. Orangtua perlu pula menyadari bahwa anak-anak dan remaja – sebagaimana juga orangtuanya mengalami tekanan juga, walaupun seringkali anak-anak tidak memahami dan tidak mampu mengungkapkannya dengan kata-kata.

Dengan kesiap-siagaan ini orangtua dapat memantau – tanpa perlu cemas berlebihan, mendukung anak, dan memberi ruang untuk sedikit ekstra toleransi, kasih sayang, dan perhatian. Semakin baik orangtua mengatur perasaan, semakin baik anak melewati masa-masa sulit ini, dan seiring waktu semakin mudah mengatur mereka.

Tanyakan, Dengar, lalu Validasi

Tips ketiga ini kita lanjutkan di artikel berikutnya yaa....